Februari 28, 2024

Hari ini, Google tidak hanya memperkenalkan kecerdasan buatan generatif untuk Maps, tetapi juga mengumumkan beberapa pengembangan baru untuk Bard. Salah satu yang paling penting adalah kemampuan Bard untuk menggunakan Gemini Pro, model AI multimodal terbaru dari Google, dalam semua bahasa dan wilayah di mana Bard sudah tersedia.

Sebelumnya, Gemini Pro hanya diterapkan pada Bard untuk bahasa Inggris, memberikan kemampuan “pemahaman, penalaran, summarizing, dan coding” yang lebih canggih.

Bard Bisa Menghasilkan Gambar Sekarang!

Bard kini juga bisa menghasilkan gambar. Fitur ini tersedia dalam bahasa Inggris “di sebagian besar negara di seluruh dunia” secara gratis. Kemampuan ini didukung oleh model Imagen 2 terbaru dari Google, yang “dirancang untuk menjaga keseimbangan antara kualitas dan kecepatan, memberikan output berkualitas tinggi dan fotorealistik”.

Seperti yang diharapkan, penggunaan fitur ini cukup mudah, Anda hanya perlu mengetikkan deskripsi ke dalam kotak teks Bard. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan “visualisasi khusus dan luas untuk membantu mewujudkan ide Anda”. Bard menggunakan SynthID untuk menyematkan watermark digital yang dapat diidentifikasi ke dalam piksel gambar yang dihasilkan, sehingga ada cara yang jelas untuk mengetahui bahwa gambar tersebut dihasilkan oleh AI.

Memeriksa Hasil Bard dengan Lebih Lanjut

Terakhir, kini Anda dapat memeriksa hasil Bard dengan hasil pencarian Google dalam lebih dari 40 bahasa dengan mengklik ikon G. Setelah Anda mengkliknya, Bard akan mengevaluasi apakah ada konten di web yang mendukung responsnya. Anda akan mendapatkan frasa-frasa yang dihighlight dan dapat mempelajari lebih lanjut tentang informasi pendukung atau kontradiktif yang ditemukan oleh pencarian Google.

Menurut Google, Organisasi Sistem Model Besar, “pemimpin penilai model bahasa dan chatbot lintas bahasa,” menganggap Bard dengan Gemini Pro sebagai “salah satu chatbot yang paling disukai,” baik dengan atau tanpa biaya, mencatat bahwa ini adalah “loncatan luar biasa.” Evaluasi buta oleh pihak ketiga dari Google juga mengidentifikasi Bard dengan Gemini Pro sebagai “salah satu AI percakapan yang paling unggul, dibandingkan dengan alternatif gratis dan berbayar terkemuka.”

Artikel Terkait