Februari 29, 2024

Terdapat gosip menarik dari tanah kelahiran Samsung, Korea, yang menyebutkan bahwa perusahaan tersebut tengah mempertimbangkan untuk merilis versi lebih terjangkau dari Galaxy Z Fold6 yang akan datang. Namun, perlu dicatat bahwa ini tidak berarti Fold6 sendiri akan menjadi lebih murah, melainkan akan ada opsi yang lebih terjangkau menyertainya. Menariknya, ini merupakan kali pertama Samsung mempertimbangkan mengembangkan ponsel lipat dengan harga lebih rendah, demikian disampaikan oleh sumber rumor ini.

Mengapa Memilih Fold daripada Flip?

Keputusan untuk memilih lini Fold daripada Flip tampaknya didasarkan pada fakta bahwa Flip yang sudah diluncurkan sejauh ini lebih laris. Dengan adanya Fold yang lebih terjangkau, diharapkan lini Fold bisa kembali menarik perhatian konsumen.

Strategi Samsung di Pasar Tiongkok

Langkah ini diyakini akan membantu Samsung mendapatkan lebih banyak pengakuan di pasar Tiongkok, yang selama ini didominasi oleh pemain lokal. Meskipun begitu, Samsung masih memegang pangsa pasar dua digit di Tiongkok untuk ponsel lipat, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ponsel konvensional yang hanya mencapai sekitar 1%.

Membuka Peluang Pasar Global

Dengan adanya Fold6 yang lebih terjangkau, Samsung tidak hanya akan memperkuat posisinya di Tiongkok, tetapi juga akan memperluas pangsa pasar global untuk ponsel lipat. Saat ini, Samsung memimpin pasar global ponsel lipat, memberikan keunggulan atas pesaing yang belum memiliki produk lipat atau belum menjualnya secara luas.

Namun, Bukan Keputusan Akhir

Meski begitu, rencana ini masih jauh dari kepastian. Peluncuran perangkat seperti ini mungkin berdampak negatif pada profitabilitas Samsung, yang tentu saja menjadi pertimbangan serius. Selain itu, perusahaan sepertinya meyakini bahwa jika terjadi penurunan ekonomi, permintaan akan terpusat pada produk premium yang lebih mahal – suatu pandangan yang terkesan kontra-intuitif, namun dianggap sebagai strategi untuk menjaga daya beli konsumen yang lebih mapan bahkan di tengah penurunan ekonomi.

Artikel Terkait