Februari 29, 2024

Siapa yang tak kenal dengan TikTok? Aplikasi berbagi video pendek ini memang tak pernah kehabisan cara untuk mencuri perhatian, dan kali ini, mereka membuat sejarah dengan menjadi aplikasi pertama yang berhasil mencapai in-app spending sebesar $10 miliar pada tahun 2023.

Mengungguli Semua Ekspektasi

Menurut analisis dari Bloomberg, pendapatan dari aplikasi secara keseluruhan mengalami kenaikan sebesar 11%. Ternyata, permintaan akan platform video menjadi pendorong utama pertumbuhan ini, sementara industri game mengalami penurunan sebesar 2% secara tahunan. TikTok sukses meraih prestasi luar biasa ini melalui sistem yang memungkinkan pengguna memberi tip kepada kreator favorit dan penayang live.

Rahasia Monetisasi di Genggaman TikTok

Para peneliti pasar menyatakan bahwa media sosial milik ByteDance ini berhasil “membuka rahasia monetisasi di ponsel”. Ternyata, pengeluaran di aplikasi, bukan game, menjadi fokus utama pada 2023. Pengguna lebih banyak membayar untuk streaming, konten yang dihasilkan pengguna, dan aplikasi kencan.

Peningkatan Dalam Durasi dan Pengeluaran

Namun, meskipun aplikasi memiliki andil dalam pertumbuhan pendapatan, driver terbesar tetaplah iklan – dua per tiga penjualan mobile merupakan iklan mobile, mencapai $362 miliar, meningkat sebesar 8% dibandingkan tahun 2022. Konsumen juga terbukti lebih lama berada di smartphone mereka, dengan Indonesia menjadi negara dengan rata-rata lebih dari 6 jam penggunaan harian per orang.

Indonesia di Puncak

Indonesia unggul sebagai negara dengan durasi penggunaan tertinggi, dengan rata-rata lebih dari 6 jam per orang setiap harinya. Rata-rata di 10 pasar teratas mencapai 5 jam penggunaan harian, sementara pengeluaran meningkat sebesar 3%.

Aplikasi Paling Banyak Diunduh

Dua aplikasi yang paling banyak diunduh adalah Shein dan Temu, yang terakhir menjadi aplikasi paling diunduh di 125 pasar. Sementara itu, sektor perjalanan dan pemesanan tiket melihat lonjakan popularitas dan pengeluaran.

Gebrakan Generative AI

Menurut data, aplikasi Generative AI berhasil mencapai lebih dari $10 miliar dalam pengeluaran konsumen bulanan pada akhir 2023. Prestasi luar biasa yang menunjukkan tren terus berkembang di dunia digital.

Dengan pencapaian gemilang ini, TikTok tidak hanya menciptakan sejarah dalam in-app spending, tetapi juga membuktikan bahwa mereka tetap menjadi pemain utama dalam dunia aplikasi seluler.

Artikel Terkait